Berbagai Kosmetik

Ini Alasan Kenapa Registrasi Kosmetik BPOM Dinilai sangat Penting!

Banyak orang yang menyadari, pentingnya sebuah produk memiliki nomor registrasi kosmetik BPOM. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui secara pasti, alasan dan fungsi penting, dari keberadaan nomor registrasi tersebut.

  1. Adanya izin edar

Dengan diperolehnya registrasi kosmetik BPOM, seperti ini, secara tidak langsung, produk kosmetik yang ditawarkan, sudah memperoleh izin edar dari pihak BPOM itu sendiri.

Yang artinya, kosmetik yang akan beredar di pasaran tersebut, sudah lulus uji lab dan memperoleh verifikasi dokumen. Hingga membuat produk tersebut, layak beredar di pasaran.  

  1. Adanya pengecekan secara mendalam

Adapun alasan lain kenapa pentingnya registrasi kosmetik BPOM untuk para konsumen adalah, karena ada beberapa rangkaian yang dilakukan oleh pihak BPOM, sebelum pihak produsen memperoleh nomor registrasi BPOM, atau izin edar kosmetik itu sendiri.

Untuk memperoleh dan lulus uji BPOM, ada beberapa tahap yang harus dilalui, mulai dari proses pendaftaran, validasi, stabilitas produk, formula, kandungan bahan yang digunakan (apakah aman atau tidak, menurut standar BPOM).  Disini pihak BPOM juga akan melakukan uji lab, untuk mengecek aneka macam bahan yang digunakan.

Apabila semua prosedur dianggap sudah selesai, berikutnya BPOM akan mengeluarkan nomor registrasi. Sebagai izin edar.

Tapi sebenarnya pelayanan yang diberikan oleh pihak BPOM tidak hanya sampai disana. Setelah produk beredar pun, akan dilakukan pengujian sampel produk yang ada di pasaran. Apakah sesuai dengan sampel yang diberikan sebelumnya. Tentu saja pengecekan ini akan dilakukan secara acak.

  1. Aman untuk pada konsumen  

Tentu saja semua layanan yang diberikan tersebut bukan semata-mata tugas belaka, namun lebih untuk memberikan rasa aman untuk para konsumen, ketika menggunakan produk kosmetik tersebut.

Dengan adanya nomor registrasi kosmetik BPOM seperti ini, para konsumen yang menggunakan produk kosmetik tersebut, akan merasa aman dan nyaman.

Sistem keamanan ini sendiri akan dilakukan secara berkala. Seperti yang dijelaskan diatas, pihak BPOM sendiri akan melakukan survei acak, atas berbagai kosmetik yang sudah beredar dan memperoleh nomor BPOM. Jika bahan yang digunakan dinilai kurang aman, dan berbeda dengan produk sampel sebelumnya. Sudah pasti pihak BPOM akan memberikan peringatan, bahkan hingga menarik produk tersebut dari pasaran.

Untuk memudahkan para konsumen mengecek apakah nomor registrasi kosmetik BPOM, yang ada di produk kosmetik tersebut benar atau tidak, sangat mudah. Cukup dengan mengunjungi website resmi dari BPOM, dan memasukkan nomor registrasi yang tertera. Tunggu selama beberapa saat, maka informasi tentang nomor registrasi dan hal lainnya akan muncul secara jelas.

Dari ulasan diatas jelas sudah, bahwa ternyata nomor registrasi dari BPOM tersebut sangat memegang peranan penting, untuk melindungi konsumen, dan juga perusahaan secara tidak langsung. Konsumen akan tetap merasa aman ketika menggunakan kosmetik, dan para produsen akan terlindung, dari penyalahgunaan kosmetik tersebut.