ilustrasi cek kesehatan pria

Seperti apa Prosedur Cek Kesuburan Pria? Pelajari Lebih Lanjut di Sini

Untuk melakukan cek kesuburan pria, maka anda akan menjalankan beberapa prosedur. Anda pasti mengetahui betapa pentingnya memeriksa keadaan sperma anda apabila anda ingin memiliki keturunan. Namun, pemeriksaan sperma melibatkan sebuah prosedur yang harus anda jalankan. Nah, inilah prosedur yang harus anda lalui untuk cek kesuburan.

Pemeriksaan Analisis Sperma

Sel sperma dan kondisi air mani merupakan dua hal yang sangat penting dalam menentukan kesuburan. Apabila sel sperma atau air mani anda berada dalam kondisi yang kurang prima, maka anda kemungkinan besar tidak akan bisa memiliki anak dengan mudah. Maka dari itu, sel sperma dan air mani harus diperiksa terlebih dahulu dengan alat cek kesuburan pria.

Jumlah, bentuk, dan motilitas atau kemampuan bergerak dari sel sperma merupakan komponen-komponen yang harus dinilai dalam analisis sperma. Jumlah sel sperma yang terlalu sedikit tentunya tidak akan bagus untuk kesuburan anda. Maka dari itu, jumlah sel sperma harus dihitung untuk memastikan bahwa produksi sel sperma anda cukup baik.

Selain jumlah, bentuk sel sperma juga menjadi sesuatu yang cukup penting. Sel sperma dengan bentuk yang abnormal tidak akan mampu berfungsi dengan baik. Selain itu, motilitas atau kemampuan sel sperma untuk bergerak juga akan menentukan kesuburan seorang pria. Apabila sel sperma anda tidak bisa bergerak dengan baik, maka sel tersebut akan kesulitan untuk membuahi sel telur.

Syarat untuk Melakukan Analisis Sperma

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai prosedur cek kesehatan pria yang melibatkan analisis sperma. Sebelum bisa menjalani tes analisis sperma, anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Hal-hal tersebut dimaksudkan supaya hasil yang muncul pada tes analisis sperma menjadi valid tanpa adanya faktor pengganggu.

Ada beberapa hal yang harus anda hindari sebelum melakukan pemeriksaan analisis sperma. Pertama, anda tidak diperbolehkan untuk berhubungan seks atau masturbasi terlebih dahulu selama beberapa hari. Selain itu, anda juga tidak boleh mengkonsumsi alkohol atau minuman berkafein karena hal-hal tersebut bisa mengganggu hasil pemeriksaan.

Pada hari saat pemeriksaan, anda akan diminta untuk mengeluarkan sampel sperma dan air mani anda. Namun, anda tidak boleh menggunakan pelumas saat hendak mengeluarkan sampel tersebut. Setelah sampel sudah didapatkan, maka sperma dan air mani anda akan diperiksa menggunakan alat cek kesuburan pria.

Sebelum sperma dan air mani anda diperiksa, dokter kemungkinan akan bertanya mengenai obat-obatan yang anda konsumsi secara rutin. Hal tersebut termasuk obat-obat herbal atau vitamin yang anda konsumsi. Hal ini disebabkan karena obat-obatan tersebut mungkin bisa mempengaruhi hasil pemeriksaan sperma dan mengubah kondisi sperma anda. Maka dari itu, anda harus memberikan informasi yang lengkap. Itulah prosedur yang harus anda lalui untuk cek kesuburan pria.