ilustrasi skin care

Syarat Tambahan Perizinan Skin Care

Syarat utama dari Perizinan Skin Care ialah berupa beberapa fotokopi dokumen terkait lokasi klinik dan juga tenaga pelaksananya. Hal tersebut harus sudah dipenuhi terlebih dahulu sebelum klinik mulai beroperasi. Namun untuk klinik utama ada beberapa syarat tambahan lagi. Berikut ini ialah syarat tambahannya.

Surat Bukti Kerja Sama dengan Rumah Sakit

Klinik utama yang memproduksi skin care pada umumnya ialah merupakan klinik spesialis yang harus memiliki kerja sama dengan rumah sakit. Hal ini diperlukan guna langkah antisipasi jika suatu saat terjadi kemungkinan terburuk yakni pasien klinik mengalami permasalahan pada saat menggunakan produksi skin care tersebut dan lalu memerlukan rujukan guna merawatnya ke rumah sakit. Sehingga Surat Bukti Kerja Sama dengan Rumah Sakit perlu ada dan turut dilampirkan.

Melampirkan Fotokopi Sertifikat Tenaga Kesehatan (STR) dari seluruh Daftar Petugas Klinik

Jadi tak hanya dokter saja yang perlu untuk mengumpulkan STR namun meliputi juga dengan STR para perawat yang bertugas di klinik Skin Care tersebut seluruhnya. 

SIP Dokter dan SIK Perawat

Kemudian juga dengan SIP (Surat Ijin Praktek) dokter yang bertugas di klinik skin care tersebut juga dengan SIK (Surat Ijin Kerja) perawat yang bekerja di klinik skin care tersebut juga. Lalu jika klinik memiliki aesthetician maka wajib juga untuk memiliki surat ijin senior ataupun junior aesthetician. Begitu pul dengan apoteker yang bertugas maka juga wajib memiliki STRA (Surat Tanda Registrasi Apoteker) serta surat pengangkatan menjadi apoteker.

Surat Kuasa Pengelolaan Klinik

Kemudian juga perlu adanya Surat kuasa yang berfungsi untuk menguasakan pengelolaan klinik, apabila dalam pengelolaan kliniknya tidak dikelola sendiri oleh sang pemilik klinik. Sehingga dengan demikian maka pemilik perlu untuk membuat surat kuasa yang ditujukan khusus bagi pengurus klinik skin care yang dilengkapi dengan materai yang cukup, yakni senilai minimal 10 ribu Rupiah.

Surat Pernyataan

Isi Surat pernyataan tersebut ialah menyatakan bahwa seluruh data yang dilampirkan ialah benar. Tidak adanya penambahan ataupun perbedaan dengan fakta yang ada, lalu juga dapat dipertanggung jawabkan. Surat pernyataan tersebut juga perlu untuk dilengkapi dengan adanya materai yang cukup, yakni senilai minimal 10 ribu Rupiah.

Lampirkan beberapa syarat tambahan tersebut untuk ijin klinik utama.